Find Your Personality!

doremi

Anyeeeeoong chingu-deul … ^^

 

Aduuuuh .. mianhae ne aku tadi malem enggak jadi update LIC 😥

Om aku yang dari Semarang pulang ke rumah, kalo aku dekem di kamar sama notebook takutnya dikira gimana gituuuh, jadi aku enggak bisa ngelanjutin proyek saya yang atuh itu T^^T #alasan.ditimpukreaderpakekkolor

 

Ya udah, daripada blog aku kosong dan banyak jaring laba – laba yang bergentayangan di blog, mending diisi ama apaan gituh #apainithor?

 

Heheheh :p #senyumgaje

Hari ini aku mau nge-share sama kalian semua tentang 4 kepribadian manusia. Selamat membaca dan semoga bermanfaat O:)

 

  1. Sanguinis (Yang Populer)

Kepribadian Sanguinis “Si Populer” ( Ekstrovert – Membicara – Optimis )

Naah .. ini sifat saya #kibasrambut

Kalo yang pengen tahu saya lebih dalem lagi, mending baca ini. Semuanya sama, mau itu postive dan negative-nya xD plak.

Ciri-ciri sifat Sanguinis :

–          Mereka seneng banget dan ngebet pingin populer dan disenangi sama orang – orang .

–          Hidupn mereka penuh dengan bunga warna – warni. Bunga kamboja, bunga melati, bunga mawar, bunga anggrek, bunga tulip sampek bunga bangke -_-

–          Mereka demen banget ngomong gak berhenti – henti.

–          Gejolak emosinya bergelombang dan transparan. Pada suatu saat dia teriak kegirangan kemudian beberapa saat kemudian dia bisa jadi menangis tersedu-sedu.

–          Seneng nolong orang lain tetapi dia enggak dapet jadi sandaran .

–          Umumnya sih enggak penakut, tapi kalau bermasalah suuliiit banget buat bertaubat, sampek ngeden – ngeden mereka pasti sulit banget tobatnya xD plak

–          Agak pelupa (Kalo gue suka amnesia dadakan), sulit berkonsentrasi cenderung berfikir pendek,dan hidupnya serba tak teratur dan amburadul.

–          Kemungkinan besar mereka kurang mampu berdisiplin dengan waktu, sering lupa pada janji apalagi bikin planning/rencana. Beuuuuh … jadi kalo janjian sama orang sanguinis yang sabar ajah.

–          Dia kalau disuruh ngelakuin sesuatu, dia bakalan cepet mengiyakan dan terlihat kayak bener – bener hal itu bakalan dikerjain. Dengan semangat 45 dia ingin buktikan bahwa ia bisa dan bakalan ngelakuinnya. Tapi percayalah, beberapa hari kemudian ia tak lakukan apapun juga. :p Sorot matanya sering berbinar dan tampak berkaca-kaca ceria, pupil matanya cenderung besar.

–          Dia banyak bicara dan ketawa, heboh, serta punya banyak guyonan, suka ngerjain orang juga.

–          Waktu dia bicara seluruh wajah dan kebanyakan anggota tubuhnya ikut gerak untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

–          Pada waktu duduk enggak bisa diem.

–          Ngga sungkan untuk nanya-nanya.

–          Suka pakai pakaian yang warnanya ngejreng bukan main, atau apapun yang bikin dia tampak mudah dibedakan dengan yang lain.

–          Minta dikomentari sama temen-temennya tentang apa aja yang dia punya.

–          Mikirnya cepat, dan itu karena dia tahu manakah alternatif yg paling atau lebih menyenangkan.

Kekuatan dan Kelemahan Sanguinis:

Kekuatan  :

–          Seneng ngomong.

–          Secara fisik memegang pendengar, emosional dan demonstrative.

–          Antusias dan ekspresif.

–          Ceria dan penuh rasa ingin tahu.

–          Hidup di masa sekarang.

–          Mudah berubah (banyak kegiatan / keinginan), pokoknya banyak banget yang dipengenin.

–          Berhati tulus dan kekanak-kanakan.

–          Seneng kumpul buat ngrumpi biasanya -_-

–          Mudah berteman dan menyukai orang lain

–          Seneng banget sama pujian dan pingin jadi pusat perhatian.

–          Menyenangkan dan dicemburui orang lain.

–          Mudah maafin kesalahan orang (dan enggak nyimpen dendam).

–          Mengambil inisiatif/ menghindar dari hal-hal atau keadaan yang membosankan.

–          Menyukai hal-hal yang spontan.

Kelemahan :

–          Suara sama ketawanya keras kayak orang pakek toa xD plak

–          Suka banget besar – besarin suatu masalah atau kejadian.

–          Susah banget buat diem. #guebanget

–          Mudah ikut-ikutan atau dikendalikan oleh keadaan atau orang lain (suka nge-Gank). #senyumgaje (yang ini gue enggak, tapi cuma ikut – ikutan doank :p)

–          Sering minta persetujuan, termasuk hal-hal yang sepele sekalipun.

–          RKP! (Rentang Konsentrasi Pendek)

–          Kalo kerja lebih suka ngomong dan nglupain kewajiban (awalnya aja antusias).

–          Sebagian terlalu bahagia.

–          Mudah marah, tapi gampang banget ditenangin.

–          Suka nyela pembicaraan orang. (gue kalo enggak nyela, gatel rasanya tenggorokan gue)

–          Suka ngeluh terus mudah berubah-ubah.

–          Susah dateng tepat waktu, molor mulu kerjaannya alias telat.

–          Prioritas kegiatan kacau balau.

–          Mendominasi percakapan dan susah mendengarkan dengan tuntas.

–          Sering mengambil permasalahan orang lain, menjadi seolah-olah masalahnya.

–          Egoistis.

–          Sering nge-les dan mengulangi cerita-cerita yang sama.

–          Konsentrasi ke “How to spend money” daripada “How to earn/save money”.

 

Naaah .. hayooo .. siapa yang sanguinis kayak aku ???? #maininalis

Okay, next …

 

  1. Melankolis (Yang sempurna)

Kepribadian Melankolis “Si Sempurna” ( Introvert – Pemikir – Pesimis )

Ciri – Ciri Sifat Melankolis :

–          Agak berseberangan dengan sang sanguinis. #nadasinis xD plak

–          Serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola.

–          Umumnya mereka ini demen banget sama yang namanya fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam.

–          Dalam sebuah pertemuan, orang sanguinis selalu saja mendominasi pembicaraan, namun orang melankolis cenderung menganalisa, memikirkan, mempertimbangkan, lalu kalau bicara pastilah apa yang ia katakan betul-betul hasil yang ia pikirkan secara  mendalam sekali.

–          Orang melankolis tuh pingin serba sempurna pokoknya.

–          Segala sesuatu ingin teratur. Jadi jangan heran kalo ada orang yang `melankolis’ gak `kan bisa tidur cuma gara-gara selimut yang membentangi tubuhnya belon  ketata rapi. Dan jangan pula coba-coba mengubah isi  lemari yang telah disusun orang `melankolis’, sebab betul-betul ia tata-apik sekali, sehingga warnanya, jenisnya, klasifikasi pemakaiannya sudah ia perhitungkan dengan rapi. (kalo gue .. #lirikalmari xD) Kalau perlu ia bakalan tulisin satu per satu tata letak setiap jenis pakaian tersebut. Dia bakalan dongkol dan dendam kesumat kalau susunan itu tiba-tiba jadi lain.

–          Sering pakek kata kayak “tergantung” atau apapun yg menunjukkan dia banyak banget yang dipertimbangin.

–          Kalo dengerin kalian ngomong dia sering banget pakek pose non verbal (tangan ke wajah/nopang dagu).

–          Sering banget bilang “minta maaf”.

–          Saat duduk sikap nonverbalnya tampak kayak orang yang sedang mengevaluasi (i.e. tangan di dagu, tangan di pipi).

–          Peka pada bagaimana orang lain memberi tanggapan.

–          Bisa sampe menangis kalau denger cerita orang lain.

–          Model pakaian dan style-nya konservatif (i.e. bukan motif berani, kemeja dimasukkan baju, dst

–          Mikirnya lama, dan banyak pertimbangan.

 

Kekuatan dan Kelemahan Melankolis :

Kekuatan :

–          Analitis, mendalam, dan penuh pikiran.

–          Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal, pokoknya serba teratur deh hidupnya oran ini.

–          Artistik, musikal dan kreatif (filsafat & puitis).

–          Sensitif.

–          Mau ngorbanin diri dan idealis.

–          Standar tinggi dan perfeksionis.

–          Senang perincian/memerinci, tekun, serba tertib dan teratur (rapi) pakek bingit.

–          Hemat.

–          Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan.

–          Kreatif.

–          Kalau sudah mulai, dituntaskan.

–          Berteman dengan hati-hati.

–          Puas di belakang layar, menghindari perhatian.

–          Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi.

–          Sangat memperhatikan orang lain.

–          Menghindari perhatian.

Kelemahan :

–          Cenderung ngelihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan).

–          Mengingat yang negatif & pendendam.

–          Mudah ngerasa bersalah dan memiliki citra diri rendah.

–          Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan.

–          Tertekan pada situasi yang enggak sempurna dan berubah-ubah.

–          Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan (if..if..if..).

–          Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan.

–          Hidup berdasarkan definisi.

–          Sulit sosialisasi.

–          Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yg menentang dirinya. (eeeh … -_-)

–          Sulit ngungkapin perasaan yang lagi dirasain (cenderung menahan kasih sayang).

–          Rasa curiganya buuuuuuesar (skeptis terhadap pujian).

 

 

  1. Koleris (Yang kuat)

Kepribadian Koleris “Si Kuat” ( Ekstrovert – Pelaku – Optimis )

Ciri-ciri sifat Koleris :

–          Mereka ini seeeeneeng biiingiiit ngatur orang.

–          Suka nunjak – nunjuk atau merintah – merintahin orang lain. Bahkan tamu pun bisa saja ia `suruh’ melalukan sesuatu untuknya. (Ehhh .. orang ini -_-)

–          Dia enggak pingin ada penonton dalam aktivitasnya.

–          Akibat sifatnya yang `bossy’ itu membuat banyak orang koleris enggak punya banyak teman .

–          Orang-orang berusaha ngehindar, menjauh agar enggak jadi `korban’ karakternya yang suka `ngatur’ dan enggak mau kalah itu .

–          Orang koleris seneng banget sama tantangan dan petualangan.

–          Mereka punya pemikiran, “cuma gue yang bisa nyelesain segalanya, tanpa gue pokoknya berantakan semua”. (Eh .. siape elu? #ngupil)

–          Mereka sangat “goal oriented”, jadi pokoknya apapun yang dipinginin harus tercapai.

–          Tegas, kuat, cepat dan tangkas mengerjakan sesuatu.

–          Buat dia enggak ada istilah enggak mungkin dihidupnya.

–          Seorang cewek koleris, mau dan berani naik tebing, memanjat pohon, bertarung ataupun memimpin peperangan. #wajahshock

–          Kalau ia sudah kobarkan semangat “ya pasti jadi…” maka hampir dapat dipastikan apa yang akan ia lakukan akan tercapai seperti yang ia katakan. Sebab ia tak mudah menyerah, tak mudah pula mengalah .

–          Sorot matanya tajam, dan berani bertatap pandangan lama.

–          Duduk sikapnya tegak, gayanya defensif dan atau superior (tangan bersilang di depan dada, kedua tangan diletakkan di belakang tengkuk).

–          Tiba-tiba aja suka betulin kerah baju kalian yang melenceng.

–          Gigih banget ngebuat orang lain buat nerima pendapatnya dia.

–          Suka berdebat dan beda pendapat dengan orang lain.

–          Suka menjadi pemimpin

–          Orang lain harus ikut caranya, kalo ngga suka, ya udah, tinggalin ajah!

 

Kekuatan Dan Kelemahan Koleris :

Kekuatan :

–          Seneng mimpin, buat keputusan, dinamis dan aktif (Seorang Leader).

–          Pengambil Keputusan.

–          Dinamis dan Aktif.

–          Bener – bener butuhin perubahan dan harus ngoreksi kesalahan.

–          Berkemauan keras dan pasti untuk mencapai sasaran.

–          Bebas dan mandiri.

–          Berani menghadapi tantangan dan masalah.

–          “Hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini”, prinsip mereka.

–          Mencari pemecahan praktis dan bergerak cepat.

–          Mendelegasikan pekerjaan dan orientasi berfokus  pada produktivitas.

–          Membuat dan menentukan tujuan.

–          Terdorong oleh tantangan dan tantangan.

–          Enggak begitu perlu teman. (Ih, songong lu #sambilkorekkuping)

–          Mau mimpin dan mengorganisasi.

–          Biasanya bener dan punya visi ke depan.

–          Unggul dalam keadaan darurat.

Kelemahan :

–          Enggak sabaran dan cepat marah (kasar dan tidak taktis).

–          Seneng merintah orang – orang.

–          Terlalu bergairah dan susah buat santai.

–          Menyukai kontroversi dan pertengkaran.

–          Terlalu kaku dan kuat/ keras.

–          Engga suka air mata dan emosi enggak simpatik.

–          Enggak suka yang sepele dan bertele-tele / terlalu rinci.

–          Sering ngebuat keputusan tergesa-gesa.

–          Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain.

–          Menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuannya.

–          Workaholics (kerja adalah “tuhan”-nya).

–          Sulit gilaaak gaku salah dan minta maaf.

–          Mungkin selalu bener tapi enggak populer.

 

  1. Plegmatis (Yang Cinta Damai)

Kepribadian Phlegmatis “Si Cinta Damai” ( Introvert – Pengamat – Pesimis )

Ciri – Ciri Sifat Pleghmatis :

–          Kelompok ini enggak suka terjadi konflik, karena itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri nggak suka.

–          Baginya kedamaian adalah segala-galanya .

–          Kalo timbul masalah atau pertengkaran, ia bakalan berusaha mencari solusi yang damai tanpa timbul pertengkaran .

–          Ia mau merugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya nggak terus berkepanjangan .

–          Kaum phlegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin .

–          Cenderung diam, kalem, dan kalau memecahkan masalah umumnya sangat menyenangkan .

–          Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda .

–          Kalo kalian lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bicara terus, maka pastilah Para pendengar yang berkerumun itu orang-orang phlegmatis. Sedang yang bicara tentu saja sang Sanguinis.

–         Kadang sedikit serba salah berurusan dengan para phlegmatis ini. Ibarat keledai, “kalau didorong ngambek, tapi kalau dibiarin nggak jalan”.

–         Kalo ngomong pelan, lebih suka dengerin ketika ada yang cerita.

–         Orangnya nurut, nggak bisa nolak request orang lain.

–         Menghindari konflik. Easy going, enak diajak ngobrol.

–          Orangnya Santai

Kekuatan Dan Kelemahan Pleghmatis :

Kekuatan :

–          Mudah bergaul, santai, tenang dan teguh.

–          Sabar, seimbang, dan pendengar yang baik.

–          Enggak banyak bicara, tapi cenderung bijaksana.

–          Simpatik dan baik hati (sering nyembunyiin emosi mereka).

–          Kuat di bidang administrasi, dan cenderung ingin segalanya terorganisasi.

–          Penengah masalah yang baik.

–          Cenderung berusaha menemukan cara termudah.

–          Baik di bawah tekanan.

–          Menyenangkan dan enggak suka nyinggung perasaan orang lain.

–          Rasa humor yang tajam.

–          Seneng ngelihat dan ngawasi. #lirikkanankiri

–          Berbelaskasihan dan peduli.

–          Mudah banget diajak rukun dan damai

Kelemahan :

–          Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/ kegiatan baru.

–          Takut dan khawatir.

–          Menghindari konflik dan tanggung jawab.

–          Keras kepala, sulit kompromi (karena ngerasa bener).

–          Terlalu pemalu dan pendiam.

–          Humor kering dan mengejek (Sarkatis).

–          Kurang berorientasi pada tujuan.

–          Sulit bergerak dan kurang memotivasi diri.

–          Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat.

–          Enggak suka didesak-desak atau dipaksa – paksa.

–          Menunda-nunda / menggantungkan masalah.

 

Naaaaah !!! Hayooooo .. mana type kepribadian kalian chingu ???

Tanpa orang sanguinis, dunia ini akan terasa sepi.

Tanpa orang melankolis, mungkin enggak ada kemajuan  di bidang riset, keilmuan dan budaya.

Tanpa kaum koleris, dunia ini akan berantakan  tanpa arah dan tujuan.

Tanpa sang Phlegmatis, tiada orang bijak yang  mampu mendamaikan dunia.

Gomawo udah mau mampir #bungkuk

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s